Rabu, 20 Oktober 2010


Pentingnya Keluarga

Manusia di dunia ini tidak mungkin tidak memiliki keluarga, kita terlahir di dunia ini dari sebuah keluarga. Keluarga merupakan fitrah manusia di alam fana ini, bahwa dalam menjalani kehidupannya manusia tidak bisa hidup sendirian. Setiap manusia pasti membutuhkan manusia yang lain sebagai pasangan hidup, sebagai teman untuk berkomunikasi, sebagai tempat untuk berbagi perasaan suka dan duka, atau teman untuk bertukar pikiran. Keluarga sebagai kelompok sosial yang memiliki hubungan antar individu, terdapat ikatan, kewajiban, tanggung jawab diantara individu tersebut. Keluarga adalah unit terkecil dari masyarakat yang terdiri atas kepala keluarga dan beberapa orang yang terkumpul dan tinggal di suatu tempat di bawah suatu atap dalam keadaan saling ketergantungan. Tanpa ada nya keluarga kita tidak akan bisa melakukan semua berbagai hal, karena keluagralah yang selalu mendukung dan menyemangati kita dalam segala hal.
 Di dalam keluarga kita harus saling berkomunikasi, karena tanpa ada nya komunikasi semua tidak akan berjalan dengan baik, oleh karena itu komunikasi sangat penting. Banyak hal yang bisa kita bicarakan pada keluarga, dan mereka lah yang akan membantu kita jika mendapatkan masalah. Jika terjadi sesuatu pada diri kita pasti keluarga lah yang pertama  kali akan membantu kita. Mereka yang akan mengurus semua nya.
          Banyak sekali diluar sana keluarga yang tidak harmonis, mereka selalu bermasalah, itu semua karena komunikasi mereka sangant kurang. Sudah banyak contoh yang bisa kita lihat diluar sana, banyak keluarga yang mengalami broken home. Itu semua dampak dari kurang nya komunikasi dan interaksi terhadap keluagra sendiri. Mereka sibuk dengan urusan mereka masing-masing, sehingga terkadang keluarga mereka sendiri tidak terurus karena terlalu sibuk dengan urusan nya.
          Dampak yang akan terjadi dari kurang nya harmonis dalam keluarga atau broken home tersebut yaitu terhadap anak nya sendiri. Mereka korban utama akibat keegoisan dari keluarga mereka. Dan biasanya yang kita lihat di luar sana anak tersebut bisa menjadi rusak karena frustasi melihat keluarga  nya hancur. Sebenar nya selaku orang tua mereka tidak bisa menyalahi anak tersebut. Mereka seperti itu juga karena tidak bisa terima melihat keluarga nya tidak harmonis dan hancur. Mungkin mereka tidak memikirkan bagaimana perasaan anak mereka, yang hanya mereka pikirkan urusan mereka masing-masing.
Mungkin memang tidak semua keluarga seperti itu, tapi setidak nya kita melihat kenyataan yang terjadi di luar sana memang seperti itu. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kejadian-kejadian tersebut. Keluarga merupakan bagian dari hidup kita, tanpa ada nya keluarga mungkin kita tidak bisa menjadi seperti saat ini. Jadi kita harus saling menjaga keharmonisan keluarga kita, karena keluarga adalah segala galanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar