Kamis, 14 April 2011

Manusia dan penderitaan

Setiap manusia di dunia ini pasti mempunyai banyak masalah dan penderitaan, masalah dan penderitaan itu adalah sebuah realita dan kenyataan hidup yang harus kita hadapi. Masalah dan penderitaan bermacam-macam, mulai dari masalah yang ringan hingga masalah yang sangat besar. Kita sebagai manusia harus bisa menghadapi semua masalah dan penderitaan yang kita alami, dan kita harus menerima masalah itu dengan hati ikhlas dan lapang dada. Karena yang mempunyai masalah dan penderitaan bukanlah kita seorang, melainkan banyak diluar sana manusia-manusia yang tertimpa masalah dan penderitaan.

Manusia ketika dalam menghadapi sebuah masalah dan penderitaan tidak bisa berfikir jernih dan berfikir positif, karena manusia tersebut sudah terbawa emosi dan sudah sangat putus asa. Sudah banyak contoh yang bisa kita lihat diluar sana manusia banyak yang bunuh diri karena sudah tidak kuat menghadapi penderitaan yang mereka alami. Sangat tragis sekali melihat kejadian-kejadian seperti itu, seharus nya sebagaimana kita makhluk ciptaan ALLAH S.W.T kita harus banyak-banyak berdoa meminta kepada-Nya agar semua masalah yang kita hadapi diberi jalan keluar.

Penderitaan yang dihadapi setiap manusia berbeda-beda. Dengan ada nya sebuah masalah dan penderitaan manusia bisa menjadi lebih bisa berfikir untuk lebih ikhlas dalam menghadapi semua penderitaan yang ada didunia ini dan bisa lebih baik kehidupan nya dari yang sebelum nya. Serta dengan ada nya masalah manusia juga akan mendapatkan hikmah dari sebuah penderitaan tersebut. Maka dari itu kita harus sangat-sangat sabar dalam menghadapi penderitaan yang kita alami, karena sesungguh nya ALLAH tidak akan memberikan cobaan,masalah, dan penderitaan dibawah batas kemampuan manusia. Jadi kita sebagai manusia harus banyak-banyak berdoa kepada-Nya agar semua urusan kita diberi kelancaran.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar